Kamis, 08 Desember 2011

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN UNTUK MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI SEKOLAH DASAR NEGERI TERUMAN BANTUL 2011


 Prehatin / 201110104215
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1     Kesimpulan
Berdasarkan analisa data dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
5.1.1        Tingkat pengetahuan tentang menstruasi lebih banyak dalam kategori cukup yaitu 14 orang atau 46,67%.
5.1.2        Kesiapan untuk  menghadapi menarche dalam katagori siap yaitu 15 orang atau 50%.
5.1.3        Ada hubungan antara tingkat pengetahuan tentang menstruasi dengan kesiapan  untuk menghadapi menarche di Sekolah Dasar Negeri Teruman, Bantul, Yogyakarta.
5.2    Saran
      Melihat dari hasil penelitian Tingkat Pengetahuan tentang Menstruasi Dengan Kesiapan Untuk Menghadapi menarche di Sekolah Dasar Negeri Teruman, Bantul, Yogyakarta. maka peneliti mengajukan saran :
5.2.1        Bagi Sekolah
Hendaklah para guru khususnya guru biologi dapat memberikan pelajaran ekstra tentang masa pubertas khususnya masalah menstruasi dengan kesiapan untuk menarche dan diharapkan agar bekerja sama dengan orang tua siswa untuk lebih memperhatikan dan mengarahkan para remaja dalam masa perkembangannya agar tidak salah mengartikan banyaknya informasi yang diterima. Karena banyaknya informasi yang diterima remaja tidak semua benar sehingga butuh pengendalian dari orang tua dengan cara lebih banyak meluangkan waktu untuk dapat berkomunikasi secara terbuka dengan remaja sehingga dapat lebih mengetahui, mengerti dan memahami perkembangan dan kebutuhan-kebutuhan remaja serta dapat membantu dalam mencarikan solusi bagi remaja khususnya remaja putri yang mempunyai masalah tentang menstruasi dengan kesiapan untuk menghadapi menarche.
5.2.2        Bagi siswi
Diharapkan bagi siswi di Sekolah Dasar Negeri Teruman dapat mencari informasi yang jelas tentang menstruasi dengan kesiapan untuk menghadapi menarche dan dapat menggunakan media komunikasi yang ada dengan sebaik mungkin. Agar tidak salah dalam mengartikan suatu informasi.
5.2.3        Bagi dinas kesehatan
Mengadakan program penyuluhan tentang menstruasi dengan kesiapan untuk menghadapi menarche secara berlanjut di Sekolah Dasar Negeri Teruman baik berupa kegiatan  penyuluhan  maupun muturan film.
5.2.4        Bagi Peneliti
Bagi para peneliti yang meneliti hal-hal yang berkaitan dengan menstruasi dengan kesiapan untuk menghadapi menarche, diharapkan dapat mengkaji hal-hal yang belum dapat dimunculkan atau belum dibahas dalam penelitian ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar