MEDIA
PEMBELAJARAN
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah CRITHICAL THINKING
Disusun Oleh:
Funik Rahma Mei Listiani
E / 22
PROGRAM STUDI
DIV KEBIDANAN AANVULEN
SEKOLAH TINGGI
ILMU KESEHATAN AISYIYAH YOGYAKARTA
2011
MEDIA PEMBELAJARAN
a. Pengertian Media
Kata “Media” berasal dari bahasa latin
yang merupakan bentuk jamak dari “medium”, secara harfiah berarti perantara
atau pengantar. Association for Education
and Communication Technology (AECT), mengartikan kata media sebagai segala
bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses informasi. National Education Association (NEA)
mendefinisikan media sebagai segala benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat,
didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang dipergunakan untuk
kegiatan tersebut
Berdasarkan uraian diatas maka secara
singkat dapat dikemukakan bahwa media pembelajaran merupakan wahana penyalur pesan atau
informasi belajar. Media pembelajaran yang dirancang secara baik dan kreatif
akan membuat peserta didik belajar lebih banyak, memahami materi lebih baik dan
meningkatkan penampilan (performance)
peserta didik dalam melakukan keterampilan-keterampilan tertentu sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
b. Fungsi dan Manfaat Media
Dalam kaitannya dengan fungsi media
pembelajaran, dapat ditekankan beberapa hal berikut ini:
1)
Sebagai sarana bantu
untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang lebih efektif.
2)
Sebagai salah satu
komponen yang saling berhubungan dengan komponen lainnya dalam rangka
menciptakan situasi belajar yang diharapkan.
3)
Mempercepat proses
belajar.
4)
Meningkatkan kualitas
proses belajar-mengajar.
5)
Mengkongkritkan yang
abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.
Manfaat media pembelajaran adalah
sebagai berikut:
1) Menyamakan
Persepsi Peserta didik. Dengan melihat obyek yang sama dan konsisten maka peserta
didik akan memiliki persepsi yang sama.
2) Mengkonkritkan
konsep-konsep yang abstrak. Misalnya untuk menjelaskan tentang sistem
pemerintahan, perekonomian, berhembusnya angin, dsb. bisa menggunakan media
gambar, grafik atau bagan sederhana.
3) Menghadirkan
objek-objek yang terlalu berbahaya atau sukar didapat ke dalam lingkungan
belajar. Misalnya pendidik menjelaskan dengan menggunakan gambar atau film
tentang binatang-binatang buas, gunung meletus, lautan, kutup utara dll.
4) Menampilkan
objek yang terlalu besar atau kecil. Misalnya pendidik akan menyampaikan
gambaran mengenai sebuah kapal laut, pesawat udara, pasar, candi, dsb. Atau
menampilkan objek-objek yang terlalu kecil seperti bakteri, virus, semut,
nyamuk, atau hewan/benda kecil lainnya.
5) Memperlihatkan
gerakan yang terlalu cepat atau lambat. Dengan menggunakan teknik gerakan
lambat (slow motion) dalam media film
bisa memperlihatkan tentang lintasan peluru, melesatnya anak panah, atau
memperlihatkan suatu ledakan. Demikian juga gerakan-gerakan yang terlalu lambat
seperti pertumbuhan kecambah, mekarnya bunga wijaya kusumah dan lain-lain.
c. Macam-macam Media
1.
Gambar/Foto
Adalah gambaran
fotografis maupun non fotografis yang menyerupai benda atau objek yang
sesungguhnya. Gambar/foto memiliki sejumlah karakteristik baik kelebihan maupun
kelemahan. Beberapa kelebihan media gambar/foto di antaranya: sifatnya konkret,
dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, dapat mengatasi keterbatasan
pengamatan, serta murah dan gampang didapat. Sementara beberapa kelemahan media
gambar di antaranya adalah: hanya menekankan persepsi indera mata, serta objek
yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
Penggunaan media
ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas
dan lab skill.
2.
Overhead Projektor (OHP) / Overhead
Transparencies (OHT)
Merupakan gambar yang diletakkan/dicetak dalam plastic
transparan dan bisa ditampilkan dengan bantuan
proyektor. Tidak hanya terbatas pada gambar tetapi tulisan yang ditulis di
plastic tranparansipun bisa ditanyangkan dengan OHT ini.
Keunggulan overhead transparencies
·
Karena
letaknya selalu didepan, akan memungkinkan pendidik untuk mengatur kelas dan
menatap peserta didik dengan lebih jelas.
·
Dapat
digunakan untuk menyajikan pesan di semua ukuran ruang kelas
·
Dapat
mempersiapkan materi lebih awal, sehingga sistematika penyajian terencana. Pendidik
juga dapat menghemat waktu karena selama mengajar tidak terus menerus menulis.
·
Dapat
menyajikan urutan atau langkah-langkah dari suatu kejadian atau pekerjaan
dengan menggunakan bentuk pembuatan OHT tertentu.
·
Informasi
atau materi dapat disajikan dengan memilih tulisan atau gambar dengan tangan
atau dengan ketik komputer.
·
OHT
dapat disimpan dan digunakan lagi dalam waktu yang cukup lama, dengan
penyimpanan yang hati-hati.
Kelemahan
·
Urutan
OHT mudah kacau, karena merupakan urutan yang lepas
·
Memerlukan
perencanaan yang matang dalam pembuatan dan penyajiannya.
Penggunaan media
ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas.
3. Membuat Flipchart
Pengertian
Flipchart adalah lembaran-lembaran kertas menyerupai kalender
berukuran 50X75 cm, atau ukuran yang lebih kecil 21X28 cm sebagai flipbook yang
disusun dalam urutan yang diikat pada bagian atasnya . Flipchart dapat
digunakan sebagai media penyampai pesan pembelajaran.
Kelebihan Flipchart
·
Mampu menyajikan pesan
pembelajaran secara ringkas dan
praktis.
·
Dapat digunakan di dalam ruangan atau luar ruangan.
·
Mampu menyajikan pesan
pembelajaran secara ringkas dan praktis.
·
Dapat digunakan di dalam
ruangan atau luar ruangan.
·
Bahan pembuatan relatif
murah.
·
Mudah dibawa kemana-mana
(moveable).
·
Meningkatkan aktivitas
belajar peserta didik.
Kekurangan Flipchart:
·
Materi tidak dapat
disampaikan secara mendetail didalam flipchart karena keterbatasan ruang
flipchart
Penggunaan media
ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam pembelajaran
tutoroal dan teori dikelas.
4.
Membuat Flash Card
Pengertian media FlashCard
Flashcard
adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25X30cm.
Gambar-gambarnya dibuat menggunakan tangan atau foto, atau memanfaatkan
gambar/foto yang sudah ada yang ditempelkan pada lembaran-lembaran flashcard.
Gambar-gambar pada flashcard merupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan
keterangan setiap gambar yang dicantumkan pada bagian belakangnya. Flashcard
hanya cocok untuk kelompok kecil peserta didik tidak lebih dari 30 orang peserta
didik.
Kelebihan Flashcard
·
Mudah di bawa-bawa .
·
Praktis.
·
Gampang diingat.
·
Menyenangkan.
Kelemahan
Flashcard
·
.Harus dalam kelompok kecil/ tidak bisa
untuk mengajar pada satu ruang kelas.
·
Membutuhkan keahlian khusus dalam
membuat flashcard agar sesuai dengan materi yang disampaikan
Penggunaan
media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam lab
skill dan teori dikelas kecil.
5.
Filmstrip
Filmstrip atau media strip adalah film
35 mm yang berisi gambar diam dalam kelompok kecil/berseri dan ditampilkan
dengan menggunakan proyektor. Pengoperasian filmstrip dapat digabungkan dengan suara maupun tanpa
suara.
Kelebihan Film Strip
·
Memungkinkan untuk penekanan pada
impresi fakta-fakta baru atau untuk menjelaskan abstraksi
·
Dapat merangsang peserta didik untuk
meneliti bahan lebih lanjut
·
Dengan pilihan yang tepat, filmstrip
dapat membantu pemahaman dengan ingatan yang kuat terhadap isi materi
Kelemahan
·
Tidak fleksibel
·
Tidak mudah untuk dibuat
·
Tetap tidak mampu untuk memaparkan sejelas
gambar gerak maupun televise
Penggunaan media ini dalam perkuliahan
kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas dan lab skill, dan
tutorial.
6.
Media Radio
Radio
adalah media audio yang penyampaian pesannya melalui pancaran gelombang
elektromagnetik dari suatu pemancar. Pemberi pesan (penyiar) secara langsung
dapat mengkomunikasikan pesan atau informasi melalui suatu alat (microfon) yang
kemudian diolah dan dipancarkan ke segenap penjuru melalui gelombang
elektromagnetik dan penerima pesan (pendengar) menerima pesan atau informasi
tersebut dari pesawat radio dan peserta didik mendengarkan dari kelas
Kelebihan media Radio
·
Variasi program yang cukup banyak
·
Baik untuk mengembangkan imajinasi peserta
didik
·
Dapat lebih memusatkan perhatian peserta
didik terhadap kata, kalimat atau musik sehingga baik digunakan untuk pengajaran bahasa/seni
Kelemahan
·
Sifat komunikasinya yang satu arah
·
Siaran monoton akan membuat peserta
didik cepat bosan
Penggunaan media
ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas
dan tutorial.
7. Media
alat rekam
Media rekam
merupakan salah satu media yang digunakan sebagai alat rekam. Biasanya media
rekam ini berbentuk tape recorder
dengan media rekamnya berbentuk kaset. Perkembangan teknologi membuat
keberadaan tape recorder mulai
diganti dengan alat rekam digital berupa voice
recorder yang alatnya bisa berbentuk handphone, atau mp3 player. Keberadaan
media alat rekam mampu membantu peserta didik terutama bagi bidang studi ilmu
social yang memanfaatkan penelitian sebagai salah satu model pembelajarannya.
Dalam sosiologi alat ini akan sangat membantu terutama untuk merekam wawancara
atau pembicaraan dengan masyarakat.
Kelebihan media alat rekam
·
Media rekam dapat diputar berulang-ulang
sesuai dengan kebutuhan peserta didik
·
Rekaman dapat dihapus dan digunakan
kembali
·
Mengembangkan daya imajinasi peserta
didik
·
Selain efektif untuk bidang studi bahasa
juga membantu untuk pengembangan bahan
ajar ilmu social
Kelemahan
·
terbatas
pada pendengaran dan daya jangkauan terbatas
Penggunaan media ini dalam perkuliahan
kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas dan praktik klinik.
8. Motion
Pictures (Film)
Film
disebut juga gambar hidup (motion
pictures) yaitu serangkaian gambar diam (still
pictures) yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan
kesan hidup dan bergerak. Film merupakan media yang menyajikan pesan
audiovisual dan gerak, oleh karenanya, film memberikan kesan yang impresif bagi
pemirsanya. Biasanya film digunakan sebagai hiburan, tetapi penggunaannya
menjadi lebih luas lagi ketika digunakan sebagai media pembelajaran. Film akan
menjadi alat intruksional yang efektif mengembangkan media ajar dan memperkuat
pemahaman peserta didik. Oleh sebab itu kebanyakan film sudah menjadi salah
satu media standard dikelas-kelas karena sifatnya yang menghibur dan tidak
membosankan. Sifat film yang menghibur merupakan salah satu alat motivator
terbaik untuk menarik perhatian peserta didik. Hanya saja penggunaan media ini
tidak bisa terlalu sering, karena keterbatasan waktu dan biaya pengadaan.
Durasi film yang kebanyakan cukup panjang menjadi salah satu keterbatasannya.
Kelebihan media film ini adalah sebagai berikut.
·
Memberikan
pesan yang dapat diterima secara lebih merata oleh peserta didik
·
Sangat
bagus untuk menerangkan suatu proses
·
Mengatasi
keterbatasan ruang dan waktu
·
Lebih
realistis, dapat diulang dan dihentikan sewaktu-waktu
·
Memberikan
kesan yang mendalam, yang dapat mempengaruhi peserta didik
Kelemahan media film berikut ini.
·
Biaya
produksi yang relative mahal
·
Untuk
membuat butuh biaya mahal
·
Keterbatasan
tema film dengan bahan ajar
Penggunaan
media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori
dikelas.
9. Games
dan Simulasi
Permainan
dan simulasi merupakan, operasional model yang mendekati kenyataannya,
memberikan pengalaman pada peserta didik dengan memberikan kesempatan untuk
berpartisipasi dalam permainan untuk memerankan peran yang berbeda-beda. Ketika
peserta didik memainkan permainan/simulasi, peserta didik dituntut untuk
memposisikan diri mereka pada keadaan yang disimulasikan, baik itu peran,
tujuan dan peserta didik pun juga dilibatkan dalam pengambilan keputusan.
Permainan/simulasi selain menarik, sekaligus memberikan rangsangan bagi peserta
didik untuk belajar dan memahami materi secara lebih mendalam, karena dengan
permainan/simulasi peserta didik dibawa ke dalam kondisi yang mirip dengan
kenyataannya.
Kelebihan
·
Pembelajaran
akan berlangsung aktraktif
·
Peserta
didik terlbat secara aktif untuk menentukan aturan main, pembuatan keputusan
maupun memformulasikan hasil
·
Memerlukan
perhatian yang tinggi untuk menciptakan partisipasi yang sesuai dengan realitas
Kekurangan
·
Kadangkala
peserta didik tertarik hanya pada permainannya tidak pada subjek/pokok
bahasan/materi
·
Bisa
bias dengan realitas nyata karena hanya dimainkan oleh peserta didik
·
Diperlukan
waktu yang banyak
·
Banyak
permainan hanya membutuhkan sedikit orang untuk bermain
Penggunaan media ini dalam perkuliahan
kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas dan lab skill.
10. PowerPoint
Presentation
Powerpoint
adalah program aplikasi presentasi yang merupakan salah satu program aplikasi
di bawah Microsoft Office. Keuntungan terbesar dari program ini adalah tidak
perlunya pembelian piranti lunak karena sudah berada di dalam Microsoft
Office. Jadi pada waktu penginstalan program Microsoft Office dengan sendirinya
program ini akan terinstal. Hal ini akan mengurangi beban hambatan pengembangan
pembelajaran dengan komputer.
Keuntungan lain dari program ini adalah sederhananya
tampilan ikon-ikon. Ikon-ikon pembuatan presentasi kurang lebih sama dengan
ikon-ikon Microsoft Word yang sudah dikenal oleh kebanyakan pemakai komputer.
Pemakai tidak harus mempelajari bahasa pemrograman. Dengan ikon yang dikenal dan pengoperasian tanpa bahasa
program maka hambatan lain dari pembelajaran
dengan komputer dapat dikurangi yaitu hambatan pengetahuan teknis dan teori.
Pengajar atau pendidik bidang studi dapat membuat sebuah program pembelajaran tanpa harus belajar
bahasa komputer terlebih dahulu. Dengan mengunakan media PowerPoint sebagai
media pembelajaran, maka diharapkan metode pembelajaran yang digunakan akan
semakin variatif dan menarik. Keuntungan lainnya adalah bahwa program ini bisa
disambungkan ke jaringan internet.
Penggunaan
PowerPoint sebagai media pembelajaran memiliki banyak keunggulan, selain mudah
dibuat, dengan PowerPoint dapat ditampilkan berbagai macam media selain teks,
misalnya gambar, audio, film, chart, bagan, bahkan dengan PowerPoint juga bisa
dihubungkan dengan internet.
Kelebihan Power point
·
Dapat
menyajikan teks, gambar, film, sound efek, lagu, grafik, dan animasi sehingga
menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat.
·
Merangsang
minat dan perhatian peserta didik dengan warna dan gambar yang kongkrit.
·
Program
slide mudah direvisi sesuai dengan kebutuhan.
·
Penyimpanannya
mudah karena dalam bentuk file/softcopy.
·
Dapat
menjangkau kelompok yang banyak
·
Dapat
dipakai berulang-ulang
·
Dapat
diperbanyak dalam waktu singkat dan tanpa biaya
·
Dapat
dikoneksikan dengan internet
Kelemahan
·
Diperlukan
alat bantuan (proyektor LCD) untuk menampilkan presentasi, yang kemungkinan
tidak semua sekolah memiliki karena harganya yang relatif mahal
·
Butuh
persiapan dan kesiapan dari pendidik untuk mempersiapkan PowerPoint
·
Peserta
didik kadangkala enggan untuk mencatat hal-hal penting terkait dengan materi
Penggunaan media ini dalam perkuliahan
kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas.
11. Media
Internet
Internet
merupakan sebuah jaringan global dimana dibutuhkan perangkat komputer dan
adanya akses internet untuk bisa akses. World wide web merupakan bagian penting
dari internet dimana dengan membuka website atau search engine kita bisa
mendapatkan banyak materi pembelajaran. Kemudahan akses memungkinkan baik peserta
didik maupun pendidik untuk menggunakan media ini. Pengembangan media ini
kedepan dimungkinkan pembelajaran tidak lagi harus di kelas (e-learning),
tetapi bisa dimana saja, karena dengan bantuan internet, waktu dan tempat tidak
lagi menjadi penghambat.
Kelebihan media internet
·
Melatih
peserta didik menggunakan dan memanfaatkan teknologi modern
·
Kemampuan
mencari dan menemukan sumber/materi dapat memperkaya dinamika pembelajaran
·
Melatih
ketelitian dan kesabaran dalam mengakses internet terutama yang terkait dengan
materi pelajaran
·
Memperluas wawasan
Kekurangan
·
Kemungkinan
terjadi plagiasi semakin besar
·
Penyalahgunaan
internet untuk hal-hal yang negatif
·
Biaya
internet yang masih mahal
·
Kecepatan
akses yang lambat
Penggunaan media ini dalam perkuliahan
kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas dan lab skill.
Menurut Mukmiman untuk mengembangkan media pembelajaran perlu diperhatikan prinsip VISUALS, yang dapat digambarkan sebagai singkatan dari kata-kata:
V
isible : Mudah dilihat
Interesting : Menarik
Simple : Sederhana
Useful : Isinya beguna/bermanfaat
A ccurate : Benar (dapat dipertanggungjawabkan)
Legitimate : Masuk akal/sah
Structured : Terstruktur/tersusun dengan baikrgantung
pada power point, sehingga mahasiswa mampu menangkap apa yang disampaikan dosen
JIKA LISTRIK MATI DAN LAMPU DIKELAS MATI, SEDANGKAM MEDIA
PEMBELAJARAN YANG AKAN DITERAPKAN BERUPA POWER POINT, MAKA SEBAIKNYA BAGAIMANA?
Jika listrik mati maka saya sebagai dosen akan mengajak
mahasiswa berdiskusi tentang materi yang akan kita pelajari, dosen sebaiknya
memberikan pencercahan berupa garis besar materi yang akan dibahas, jadi tidak
tergantung dengan materi pada power point. Dengan demikian mahasiswa mampu
menangkap apa yang akan dibahas dalam perkuliahan ini, sehingga mahasiswa mampu
mencari sumber pokok bahasan yang akan dipelajari tersebut melalui belajar
mandiri.
Jika perkuliahan dilanjutkan dalam keadaan lampu mati,
dan suasana gelap maka tidak akan kondusif, juga tidak akan menimbulkan suasan
belajar megajar yang nyaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar