Kamis, 22 Desember 2011

Media Pembelajaran (Funik rahma /E/22)


MEDIA PEMBELAJARAN
Untuk Memenuhi Tugas  Mata Kuliah CRITHICAL THINKING




Disusun Oleh:
Funik Rahma Mei Listiani
E / 22

PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN AANVULEN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN AISYIYAH YOGYAKARTA
2011

MEDIA PEMBELAJARAN

a.      Pengertian Media

Kata “Media” berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari “medium”, secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Association for Education and Communication Technology (AECT), mengartikan kata media sebagai segala bentuk dan saluran yang dipergunakan untuk proses informasi. National Education Association (NEA) mendefinisikan media sebagai segala benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang dipergunakan untuk kegiatan tersebut
Berdasarkan uraian diatas maka secara singkat dapat dikemukakan bahwa media pembelajaran  merupakan wahana penyalur pesan atau informasi belajar. Media pembelajaran yang dirancang secara baik dan kreatif akan membuat peserta didik belajar lebih banyak, memahami materi lebih baik dan meningkatkan penampilan (performance) peserta didik dalam melakukan keterampilan-keterampilan tertentu sesuai dengan tujuan pembelajaran.

b.      Fungsi dan Manfaat Media

Dalam kaitannya dengan fungsi media pembelajaran, dapat ditekankan beberapa hal berikut ini:
1)      Sebagai sarana bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang lebih efektif.
2)      Sebagai salah satu komponen yang saling berhubungan dengan komponen lainnya dalam rangka menciptakan situasi belajar yang diharapkan.
3)      Mempercepat proses belajar.
4)      Meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar.
5)      Mengkongkritkan yang abstrak sehingga dapat mengurangi terjadinya penyakit verbalisme.
Manfaat media pembelajaran adalah sebagai berikut:
1)      Menyamakan Persepsi Peserta didik. Dengan melihat obyek yang sama dan konsisten maka peserta didik akan memiliki persepsi yang sama.
2)      Mengkonkritkan konsep-konsep yang abstrak. Misalnya untuk menjelaskan tentang sistem pemerintahan, perekonomian, berhembusnya angin, dsb. bisa menggunakan media gambar, grafik atau bagan sederhana.
3)      Menghadirkan objek-objek yang terlalu berbahaya atau sukar didapat ke dalam lingkungan belajar. Misalnya pendidik menjelaskan dengan menggunakan gambar atau film tentang binatang-binatang buas, gunung meletus, lautan, kutup utara dll.
4)      Menampilkan objek yang terlalu besar atau kecil. Misalnya pendidik akan menyampaikan gambaran mengenai sebuah kapal laut, pesawat udara, pasar, candi, dsb. Atau menampilkan objek-objek yang terlalu kecil seperti bakteri, virus, semut, nyamuk, atau hewan/benda kecil lainnya.
5)      Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat atau lambat. Dengan menggunakan teknik gerakan lambat (slow motion) dalam media film bisa memperlihatkan tentang lintasan peluru, melesatnya anak panah, atau memperlihatkan suatu ledakan. Demikian juga gerakan-gerakan yang terlalu lambat seperti pertumbuhan kecambah, mekarnya bunga wijaya kusumah dan lain-lain.

c.       Macam-macam Media

1.      Gambar/Foto
Adalah gambaran fotografis maupun non fotografis yang menyerupai benda atau objek yang sesungguhnya. Gambar/foto memiliki sejumlah karakteristik baik kelebihan maupun kelemahan. Beberapa kelebihan media gambar/foto di antaranya: sifatnya konkret, dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, dapat mengatasi keterbatasan pengamatan, serta murah dan gampang didapat. Sementara beberapa kelemahan media gambar di antaranya adalah: hanya menekankan persepsi indera mata, serta objek yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
Penggunaan media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas dan lab skill.




2.      Overhead Projektor (OHP) / Overhead Transparencies (OHT)
Merupakan gambar yang diletakkan/dicetak dalam plastic transparan dan bisa ditampilkan dengan bantuan proyektor. Tidak hanya terbatas pada gambar tetapi tulisan yang ditulis di plastic tranparansipun bisa ditanyangkan dengan OHT ini.
Keunggulan overhead transparencies
·         Karena letaknya selalu didepan, akan memungkinkan pendidik untuk mengatur kelas dan menatap peserta didik dengan lebih jelas.
·         Dapat digunakan untuk menyajikan pesan di semua ukuran ruang kelas
·         Dapat mempersiapkan materi lebih awal, sehingga sistematika penyajian terencana. Pendidik juga dapat menghemat waktu karena selama mengajar tidak terus menerus menulis.
·         Dapat menyajikan urutan atau langkah-langkah dari suatu kejadian atau pekerjaan dengan menggunakan bentuk pembuatan OHT tertentu.
·         Informasi atau materi dapat disajikan dengan memilih tulisan atau gambar dengan tangan atau dengan ketik komputer.
·         OHT dapat disimpan dan digunakan lagi dalam waktu yang cukup lama, dengan penyimpanan yang hati-hati.
Kelemahan
·         Urutan OHT mudah kacau, karena merupakan urutan yang lepas
·         Memerlukan perencanaan yang matang dalam pembuatan dan penyajiannya.
Penggunaan media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas.

3.      Membuat Flipchart
Pengertian
Flipchart adalah lembaran-lembaran kertas menyerupai kalender berukuran 50X75 cm, atau ukuran yang lebih kecil 21X28 cm sebagai flipbook yang disusun dalam urutan yang diikat pada bagian atasnya . Flipchart dapat digunakan sebagai media penyampai pesan pembelajaran.
Kelebihan Flipchart
·         Mampu menyajikan pesan pembelajaran  secara ringkas dan praktis. 
·         Dapat digunakan di dalam ruangan atau luar ruangan.
·         Mampu menyajikan pesan pembelajaran  secara ringkas dan praktis.

·         Dapat digunakan di dalam ruangan atau luar ruangan.
·         Bahan pembuatan relatif murah.
·         Mudah dibawa kemana-mana (moveable).
·         Meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.

Kekurangan Flipchart:
·         Materi tidak dapat disampaikan secara mendetail didalam flipchart karena keterbatasan ruang flipchart
Penggunaan media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam pembelajaran tutoroal dan teori dikelas.


4.      Membuat Flash Card
 Pengertian media FlashCard
Flashcard adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25X30cm. Gambar-gambarnya dibuat menggunakan tangan atau foto, atau memanfaatkan gambar/foto yang sudah ada yang ditempelkan pada lembaran-lembaran flashcard. Gambar-gambar pada flashcard merupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan setiap gambar yang dicantumkan pada bagian belakangnya. Flashcard hanya cocok untuk kelompok kecil peserta didik tidak lebih dari 30 orang peserta didik.
 Kelebihan Flashcard
·         Mudah di bawa-bawa .
·         Praktis.
·         Gampang diingat.
·         Menyenangkan.

Kelemahan Flashcard
·         .Harus dalam kelompok kecil/ tidak bisa untuk mengajar pada satu ruang kelas.
·         Membutuhkan keahlian khusus dalam membuat flashcard agar sesuai dengan materi yang disampaikan
Penggunaan media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam lab skill dan teori dikelas kecil.

5.      Filmstrip
Filmstrip atau media strip adalah film 35 mm yang berisi gambar diam dalam kelompok kecil/berseri dan ditampilkan dengan menggunakan proyektor. Pengoperasian filmstrip dapat digabungkan dengan suara maupun tanpa suara. 
Kelebihan Film Strip
·         Memungkinkan untuk penekanan pada impresi fakta-fakta baru atau untuk menjelaskan abstraksi
·         Dapat merangsang peserta didik untuk meneliti bahan lebih lanjut
·         Dengan pilihan yang tepat, filmstrip dapat membantu pemahaman dengan ingatan yang kuat terhadap isi materi
Kelemahan
·         Tidak fleksibel
·         Tidak mudah untuk dibuat
·         Tetap tidak mampu untuk memaparkan sejelas gambar gerak maupun televise
   Penggunaan media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas dan lab skill, dan tutorial.

6.      Media Radio
Radio adalah media audio yang penyampaian pesannya melalui pancaran gelombang elektromagnetik dari suatu pemancar. Pemberi pesan (penyiar) secara langsung dapat mengkomunikasikan pesan atau informasi melalui suatu alat (microfon) yang kemudian diolah dan dipancarkan ke segenap penjuru melalui gelombang elektromagnetik dan penerima pesan (pendengar) menerima pesan atau informasi tersebut dari pesawat radio dan peserta didik mendengarkan dari kelas
Kelebihan media Radio
·         Variasi program yang cukup banyak
·         Baik untuk mengembangkan imajinasi peserta didik
·         Dapat lebih memusatkan perhatian peserta didik terhadap kata, kalimat atau musik sehingga baik digunakan untuk pengajaran bahasa/seni
Kelemahan
·         Sifat komunikasinya yang satu arah
·         Siaran monoton akan membuat peserta didik cepat bosan
Penggunaan media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas dan tutorial.

7.      Media alat rekam
Media rekam merupakan salah satu media yang digunakan sebagai alat rekam. Biasanya media rekam ini berbentuk tape recorder dengan media rekamnya berbentuk kaset. Perkembangan teknologi membuat keberadaan tape recorder mulai diganti dengan alat rekam digital berupa voice recorder yang alatnya bisa berbentuk handphone, atau mp3 player. Keberadaan media alat rekam mampu membantu peserta didik terutama bagi bidang studi ilmu social yang memanfaatkan penelitian sebagai salah satu model pembelajarannya. Dalam sosiologi alat ini akan sangat membantu terutama untuk merekam wawancara atau pembicaraan dengan masyarakat.

Kelebihan media alat rekam
·         Media rekam dapat diputar berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan peserta didik
·         Rekaman dapat dihapus dan digunakan kembali
·         Mengembangkan daya imajinasi peserta didik
·         Selain efektif untuk bidang studi bahasa juga membantu untuk pengembangan bahan ajar ilmu social
Kelemahan
·         terbatas pada pendengaran dan daya jangkauan terbatas
      Penggunaan media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas dan praktik klinik.

8.      Motion Pictures (Film)
Film disebut juga gambar hidup (motion pictures) yaitu serangkaian gambar diam (still pictures) yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak. Film merupakan media yang menyajikan pesan audiovisual dan gerak, oleh karenanya, film memberikan kesan yang impresif bagi pemirsanya. Biasanya film digunakan sebagai hiburan, tetapi penggunaannya menjadi lebih luas lagi ketika digunakan sebagai media pembelajaran. Film akan menjadi alat intruksional yang efektif mengembangkan media ajar dan memperkuat pemahaman peserta didik. Oleh sebab itu kebanyakan film sudah menjadi salah satu media standard dikelas-kelas karena sifatnya yang menghibur dan tidak membosankan. Sifat film yang menghibur merupakan salah satu alat motivator terbaik untuk menarik perhatian peserta didik. Hanya saja penggunaan media ini tidak bisa terlalu sering, karena keterbatasan waktu dan biaya pengadaan. Durasi film yang kebanyakan cukup panjang menjadi salah satu keterbatasannya.
Kelebihan media film ini adalah sebagai berikut.
·         Memberikan pesan yang dapat diterima secara lebih merata oleh peserta didik
·         Sangat bagus untuk menerangkan suatu proses
·         Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
·         Lebih realistis, dapat diulang dan dihentikan sewaktu-waktu
·         Memberikan kesan yang mendalam, yang dapat mempengaruhi peserta didik

Kelemahan media film berikut ini.
·         Biaya produksi yang relative mahal
·         Untuk membuat butuh biaya mahal
·         Keterbatasan tema film dengan bahan ajar
      Penggunaan media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas.

9.      Games dan Simulasi
Permainan dan simulasi merupakan, operasional model yang mendekati kenyataannya, memberikan pengalaman pada peserta didik dengan memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam permainan untuk memerankan peran yang berbeda-beda. Ketika peserta didik memainkan permainan/simulasi, peserta didik dituntut untuk memposisikan diri mereka pada keadaan yang disimulasikan, baik itu peran, tujuan dan peserta didik pun juga dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Permainan/simulasi selain menarik, sekaligus memberikan rangsangan bagi peserta didik untuk belajar dan memahami materi secara lebih mendalam, karena dengan permainan/simulasi peserta didik dibawa ke dalam kondisi yang mirip dengan kenyataannya.
Kelebihan
·         Pembelajaran akan berlangsung aktraktif
·         Peserta didik terlbat secara aktif untuk menentukan aturan main, pembuatan keputusan maupun memformulasikan hasil
·         Memerlukan perhatian yang tinggi untuk menciptakan partisipasi yang sesuai dengan realitas
Kekurangan
·         Kadangkala peserta didik tertarik hanya pada permainannya tidak pada subjek/pokok bahasan/materi
·         Bisa bias dengan realitas nyata karena hanya dimainkan oleh peserta didik
·         Diperlukan waktu yang banyak
·         Banyak permainan hanya membutuhkan sedikit orang untuk bermain
     Penggunaan media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas dan lab skill.


10.  PowerPoint Presentation
Powerpoint adalah program aplikasi presentasi yang merupakan salah satu program aplikasi di bawah Microsoft Office. Keuntungan terbesar dari program ini adalah tidak perlunya pembelian piranti lunak karena sudah berada di dalam Microsoft Office. Jadi pada waktu penginstalan program Microsoft Office dengan sendirinya program ini akan terinstal. Hal ini akan mengurangi beban hambatan pengembangan pembelajaran dengan komputer.
Keuntungan lain dari program ini adalah sederhananya tampilan ikon-ikon. Ikon-ikon pembuatan presentasi kurang lebih sama dengan ikon-ikon Microsoft Word yang sudah dikenal oleh kebanyakan pemakai komputer. Pemakai tidak harus mempelajari bahasa pemrograman. Dengan ikon yang dikenal dan pengoperasian tanpa bahasa program maka hambatan lain dari pembelajaran dengan komputer dapat dikurangi yaitu hambatan pengetahuan teknis dan teori. Pengajar atau pendidik bidang studi dapat membuat sebuah program pembelajaran tanpa harus belajar bahasa komputer terlebih dahulu. Dengan mengunakan media PowerPoint sebagai media pembelajaran, maka diharapkan metode pembelajaran yang digunakan akan semakin variatif dan menarik. Keuntungan lainnya adalah bahwa program ini bisa disambungkan ke jaringan internet.
Penggunaan PowerPoint sebagai media pembelajaran memiliki banyak keunggulan, selain mudah dibuat, dengan PowerPoint dapat ditampilkan berbagai macam media selain teks, misalnya gambar, audio, film, chart, bagan, bahkan dengan PowerPoint juga bisa dihubungkan dengan internet.
Kelebihan Power point
·         Dapat menyajikan teks, gambar, film, sound efek, lagu, grafik, dan animasi sehingga menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat.
·         Merangsang minat dan perhatian peserta didik dengan warna dan gambar yang kongkrit.
·         Program slide mudah direvisi sesuai dengan kebutuhan.
·         Penyimpanannya mudah karena dalam bentuk file/softcopy.
·         Dapat menjangkau kelompok yang banyak
·         Dapat dipakai berulang-ulang
·         Dapat diperbanyak dalam waktu singkat dan tanpa biaya
·         Dapat dikoneksikan dengan internet
Kelemahan
·         Diperlukan alat bantuan (proyektor LCD) untuk menampilkan presentasi, yang kemungkinan tidak semua sekolah memiliki karena harganya yang relatif mahal
·         Butuh persiapan dan kesiapan dari pendidik untuk mempersiapkan PowerPoint
·         Peserta didik kadangkala enggan untuk mencatat hal-hal penting terkait dengan materi
      Penggunaan media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas.

11.  Media Internet
Internet merupakan sebuah jaringan global dimana dibutuhkan perangkat komputer dan adanya akses internet untuk bisa akses. World wide web merupakan bagian penting dari internet dimana dengan membuka website atau search engine kita bisa mendapatkan banyak materi pembelajaran. Kemudahan akses memungkinkan baik peserta didik maupun pendidik untuk menggunakan media ini. Pengembangan media ini kedepan dimungkinkan pembelajaran tidak lagi harus di kelas (e-learning), tetapi bisa dimana saja, karena dengan bantuan internet, waktu dan tempat tidak lagi menjadi penghambat.
Kelebihan media internet
·         Melatih peserta didik menggunakan dan memanfaatkan teknologi modern
·         Kemampuan mencari dan menemukan sumber/materi dapat memperkaya dinamika pembelajaran
·         Melatih ketelitian dan kesabaran dalam mengakses internet terutama yang terkait dengan materi pelajaran
·         Memperluas wawasan
Kekurangan
·         Kemungkinan terjadi plagiasi semakin besar
·         Penyalahgunaan internet untuk hal-hal yang negatif
·         Biaya internet yang masih mahal
·         Kecepatan akses yang lambat
      Penggunaan media ini dalam perkuliahan kebidanan lebih sesuai diaplikasikan dalam teori dikelas dan lab skill.

Menurut Mukmiman untuk mengembangkan media pembelajaran perlu diperhatikan prinsip VISUALS, yang dapat digambarkan sebagai singkatan dari kata-kata:

V isible               : Mudah dilihat
Interesting          : Menarik
Simple                : Sederhana
Useful                : Isinya beguna/bermanfaat
A            ccurate             : Benar (dapat dipertanggungjawabkan)
Legitimate          : Masuk akal/sah
Structured          : Terstruktur/tersusun dengan baikrgantung pada power point, sehingga mahasiswa mampu menangkap apa yang disampaikan dosen

JIKA LISTRIK MATI DAN LAMPU DIKELAS MATI, SEDANGKAM MEDIA PEMBELAJARAN YANG AKAN DITERAPKAN BERUPA POWER POINT, MAKA SEBAIKNYA BAGAIMANA?
Jika listrik mati maka saya sebagai dosen akan mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi yang akan kita pelajari, dosen sebaiknya memberikan pencercahan berupa garis besar materi yang akan dibahas, jadi tidak tergantung dengan materi pada power point. Dengan demikian mahasiswa mampu menangkap apa yang akan dibahas dalam perkuliahan ini, sehingga mahasiswa mampu mencari sumber pokok bahasan yang akan dipelajari tersebut melalui belajar mandiri.
Jika perkuliahan dilanjutkan dalam keadaan lampu mati, dan suasana gelap maka tidak akan kondusif, juga tidak akan menimbulkan suasan belajar megajar yang nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar