Senin, 12 Desember 2011

Psikologi (NUR AINI RUSIDAH/201110104270/F)

GANGGUAN YANG MUNGKIN TERJADI PADA WANITA


1.      Jelaskan gangguan yang mungkin terjadi pada saat
Menopause dan cara mengatasi nya.
v  Sembelit
 Sembelit juga bisa terjadi karena kurangnya koordinasi pada fungsi saraf, otot usus besar, dan isi perut lainnya. Kekenduran pada gerak usus berarti otot dinding perut tidak mampu m endorong bahan yang tidak terpakai dari tubuh.
·         Cara mengatasi :
ü  Mengkonsumsi bahan makanan yang mudah diserap tubuh (yang berserat).
ü  Penggunaan pencahar untuk mengatasi sembelit sebaiknya menjadi pilihan penyelesaian terakhir. Sebab, cara ini ikut menghilangkan bakteri yang berguna bagi usus dan dapat menyebabkan sembelit menjadi kronis

v  Gangguan Tulang
Berhentinya produksi estrogen oleh kandung telur akan mempengaruhi keseimbangan metabolisme zat kapur (kalsium) dalam tulang. Setelah menopause, akan makin banyak kalsium yang dibuang daripada yang disimpan. Hal ini secara berangsur akan menyebabkan tulang menjadi semakin keropos. Proses pengeroposan tulang ini disebut osteoporosis
·         Cara mengatasi :
Mengkonsumsi susu yang tinggi kalsium

v  Sakit Kepala
Sebagian besar sakit kepala diakibatkan oleh adanya ketegangan pada otak. Jika otot kepala dan leher terus menegang maka akan menyulitkan kelancaran aliran darah menuju ke otak. Jadi, jika kita didera sakit kepala, bersantailah dan istirahat.
·         Cara mengatasi :
ü  Bersantai dan istirahat.
v  Bengkak
Pembengkakan merupakan salah satu cirri menopause. . Perempuan umumnya terbiasa dengan gejala ini karena memang sering dialami pada saat menstruasi.
·         Cara mengatasi :
ü  Dengan mengurangi pemakaian garam.
ü  Banyak berjalan kaki sehingga merangsang gerakan di seluruh tubuh dan mengurangi pembengkakan.
ü   berbaring dan bernapaslah dalam-dalam selama beberapa menit, kemudian regangkan tubuh dengan bangun-berdiri dan menyentuh ujung jari kaki.
ü  Gunakan diuretic alamiah seperti seledri, semangka, jeruk, nanas, dan ketimun. Jauhilah karbohidrat dan gula, kecuali yang terdapat pada buah-buahan. Ada pula yang menganjurkan penambahan vitamin C.

v  Linu dan Rasa Nyeri
Semua orang tentu pernah mengalami linu dan nyeri. Namun, tidak setiap kali muncul rasa tidak nyaman itu kita pergi ke dokter. Dengan mengenali tubuh kita dengan baik, kita akan lebih mampu menghargai dan mengasihinya.
·         Cara mengatasi :
ü  memberi cukup istirahat pada tubuh
ü  menyesuaikan derap kehidupan kita pada tuntutan tubuh dengan penuh kesadaran bahwa badan dan pikiran adalah dua hal yang tidak terpisahkan.

v  Menurunnya gairah sexual
Menurunnya gairah sexual itu diakibatkan turunnya hormone dalam tubuh.
·         Cara mengatasi :
ü  Dianjurkan agar berolahraga yang rutin dan makan makanan yang bergizi.

2.      Jelaskan gangguan yang mungkin terjadi pada masa kehamilan dan cara mengatasinya !
v  Muntah-muntah
Normal jika mual dan muntah berlangsung dalam triwulan pertama kehamilan. Namun, jika muntah-muntah terjadi berlebihan sampai 7 kali dalam sehari, kondisi ibu menjadi lemah, tidak berselera makan, berat badan menurun, dan nyeri ulu hati. Keadaan demikian tidak boleh dibiarkan.
·         Cara mengatasi :
ü  Mintalah bantuan bidan atau dokter. Kemungkinan ibu hamil sedang mengidap penyakit berat dan memerlukan perawatan rumah sakit. Kekurangan makanan dan cairan perlu dikoreksi dengan pemberian cairan infus. Jika tidak dikoreksi, buruk pengaruhnya terhadap anak di kandungan maupun pada diri ibu sendiri.

v  Kehamilan lewat 5 bulan, tak merasa ada gerakan janin
Jika betul itu dialami, kemungkinan anak sudah mati dalam kandungan. Bayi mati di kandungan lama-lama akan mengering, dan perut ibu semakin susut mengecil. Ibu harus curiga bayi sudah mati dalam kandungan jika perutnya semakin hari semakin mengempis.
·         Cara mengatasi :
ü  Dokter dan bidan perlu segera memastikannya. Jika dari pemeriksaan tidak terdengar lagi bunyi jantung anak, berarti anak memang sudah mati. Bayi mati dalam kandungan harus segera dikeluarkan. Jika tidak dikeluarkan, dapat mengganggu ibu.

v  Berat badan naik berlebihan
Waspadalah jika berat badan ibu hamil naik lebih dari 1 kg dalam seminggu, terkadang disertai tungkai dan mata kaki yang membengkak, tekanan darah meninggi, air seni keruh, nyeri kepala, dan penglihatan berkunang-kunang. Kemungkinan itu merupakan gejala dan tanda pre-eclampsia, yang jika dibiarkan akan masuk ke dalam eclampsia, penyakit yang mengancam nyawa ibu maupun anak jika tidak segera ditanggulangi.

v  Gangguan ginjal
·         Cara mengatasi :
ü  Gangguan ginjal pada ibu hamil perlu segera diobati. Mungkin perlu perawatan rumah sakit.
ü   
v  Anemia
Jika wajah pucat-pasi, merah mata dan telapak tangan pucat, lekas lelah, lemah, dan lesu, kemungkian ibu hamil menderita kurang darah (anemia).
·         Cara mengatasi.
pemberian tambahan pil zat besi (sulfas ferosus), atau tablet penambah zat besi lainnya.

v  Gangguan kelenjar gondok
·         Cara mengatasi :
ü  Menambah konsumsi garam

v  Keluar darah dan lendir dari liang rahim
·         Cara mengatasi :
ü  Keluar darah dari liang rahim pada masa kehamilan kurang dari 28 minggu atau 7 bulan, kemungkinan terjadi keguguran. Ancaman keguguran yang masih awal dapat dibendung dengan perawatan khusus, agar janin selamat sampai cukup bulan.
ü  Ibu harus segera dilarikan ke rumah sakit, mencegah seberapa mungkin dalam 24 jam kehamilan masih dapat dipertahankan.

3.      Jelaskan gangguan yang mungkin terjadi pada masa nifas dan cara mengatasinya !
v  Phase “ Taking in “
Perhatian ibu terutama terhadap kebutuhan dirinya, mungkin pasif dan tergantung berlangsung 1 – 2 hari. Ibu tidak menginginkan kontak dengan bayinya tetapi bukan berarti tidak memperhatikan.
·         Cara mengatasi :
·         Dalam Phase yang diperlukan ibu adalah informasi tentang bayinya, bukan cara merawat bayi.

v  Phase “ Taking hold “
Phase kedua masa nifas adalah phase taking hold ibu berusaha mandiri dan berinisiatif. Perhatian terhadap kemampuan mengatasi fungsi tubuhnya misalnya kelancaran buang air besar hormon dan peran transisi. Hal-hal yang berkontribusi dengan post partal blues adalah rasa tidak nyaman, kelelahan, kehabisan tenaga.
·         Cara mengatasi :
ü  Dengan menangis sering dapat menurunkan tekanan. Bila orang tua kurang mengerti hal ini maka akan timbul rasa bersalah yang dapat mengakibatkan depresi. Untuk itu perlu diadakan penyuluhan sebelumnya, untuk mengetahui bahwa itu adalah normal.

4.      Jelaskan berbagai gangguan yang dialami ibu pada saat melahirkan dan cara mengatasinya !
v  Perdarahan
Perdarahan melalui jalan lahir pada kehamilan, persalinan dan nifas sering merupakan tanda bahaya yang dapat berakibat kematian ibu dan atau janin.
·         Perdarahan melalui jalan lahir pada kehamilan sebelum 3 bulan dapat disebabkan oleh keguguran atau keguguran yang mengancam. Ibu harus segera meminta pertolongan bidan atau dokter. Janin mungkin masih dapat diselamatkan. Bila janin tak dapat diselamatkan, ibu perlu mendapat pertolongan agar kesehatannya terjaga
·         Perdarahan melalui jalan lahir disertai nyeri prut bawah yang hebat, pada ibu yang terlambat haid 1-2 bulan, meupakan keadaan dangat berbahaya. Kehidupan ibu terancam, ia harus langsung di bawa ke rumah sakit untuk diselamatkan jiwanya.
·         Perdarahan kehamilan 7-9 bulan, meskipun hanya sedikit, merupakan ancaman bagi ibu dan janin. Ibu perlu segera mendapat pertolongan di rumah sakit.
·         Perdarahan yang banyak, segera atau dalam 1 jam setelah melahirkan, sangat berbahaya dan merupakan penyebab kematian ibu paling sering. Keadaan ini dapat menyebabkan kematian dalam waktu kurang dari 2 jam. Ibu perlu segera ditolong untuk penyelamatan jiwanya.
·         Perdarahan pada masa nifas (dalam 42 hari setelah melahirkan) yang berlangsung terus menerus, disertai bau tak sedap dan demam, juga merupakan tanda bahaya. Ibu harus segera di bawa ke rumah sakit.
Ø  Persalinan lama
Bila bayi belum lahir lebih dari 12 jam sejak mulainya mulas, maka persalinan tersebut terlalu lama. Perlu dilakukan tindakan.
·         Cara mengatasi :
ü  Ibu perlu mendapat pertolongan di rumah sakit untuk menyelamakan janin dan mencegah terjadinya perdarahan atau infeksi pada ibu.
  1. Jelaskan berbagai gangguan yang dialami isteri selama menjalani perkawinan dan cara mengatasinya !
Ø  Stress
Stres yang dimaksud disini adalah stres yang menyebabkan ketegangan/penderitaan psikis. Adapun manifestasi stres pada umumnya yaitu:
·         Gejala depresi: murung, hilang minat, lelah kronis, lamban, pesimis, putus asa, menyalahkan diri, gangguan makan, gangguan tidur sampai ide bunuh diri.
·         Gejala anxietas: mudah cemas, ketakutan, mudah kaget, gelisah, mudah tersinggung, mudah berdebar, keringat dingin, dan gejala hiperotonomik sindrom lain.
Ø  Terkena Penyakit Kewanitaan
v  Kista Ovarium
Yaitu suatu kantong abnormal berisi cairan atau setengah cair yang tumbuh dalam indung telur (ovarium). Kista ovarium biasanya tidak bersifat kanker, namun walaupun kista tersebut kecil diperlukan perhatian lebih lanjut untuk memastikan kista tersebut tidak berupa kanker.
·         Cara mengatasi
ü  Melakukan operasi untuk mengangkat ovarium

v  Kanker Payudara
·         Cara mengatasi
ü  Untuk mendeteksi dini kanker payudara dapat melakukan pemeriksaan sendiri pada payudara setiap bulan (5-7 hari setelah haid), untuk mengetahui apakah ada kelainan atau tidak.
ü  Melakukan operasi untuk mengangkat kanker.

v  Kanker Leher Rahim (Serviks Uteri)
·         Cara mengatasi
ü  program Papsmear yang dilakukan secara teratur sebagai upaya untuk pencegahan skunder dan deteksi dini kanker serviks.
ü   Melakukan operasi untuk yang sudah menderita kanker.

6.      Jelaskan berbagai gangguan yang dialami lansia perempuan dan cara mengatasinya !
v  Mengompol atau beser (berkemih tanpa bisa menahan)
·         Cara mengatasi :
ü  Latihan otot dasar panggul .Latihan itu dilakukan dengan membuat kontraksi berulang-ulang pada otot dasar panggul agar saluran kemih dapat menutup dengan sempurna.
ü  Kateter juga dapat digunakan sebagai pilihan dalam mengatasi mengompol. Namun, kateter menetap tidak dianjurkan untuk digunakan.
ü  Bila penatalaksanaan tanpa obat-obatan belum dapat menyelesaikan masalah mengompol, maka alternatif yang dapat dilakukan dengan memberi obat yang disesuaikan dengan kondisinya. Obat-obatan yang dapat diberikan adalah obat antikolinergik untuk mengompol tipe urgensi dan agonis alfa untuk mengompol tipe stres.

v  Osteoporosis (Pengeroposan Tulang)
Pengeroposan tilang biasanya akibat kurangnya kalsium dalam tulang.
·         Cara mengatasi :
ü  Agar tulang kita tetap kuat dianjurkan seorang lansia perempuan dapat memanfaatkan estrogen dan tetap mempertahankan hormon estrogen dalam tubuhnya, karena estrogen diketahui diperlukan untuk mempertahankan massa tulang.
ü  Berolahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar