Rabu, 28 Desember 2011

Baby SPA - Rista Novitasari (20110104224)


A.    PENGERTIAN BABY SPA
1.      Pengertian spa
Istilah spa, berasal dari kota Spa di Belgia, secara tradisional digunakan untuk menunjuk sebuah tempat di mana air yang diyakini memiliki sifat menyehatkan terdapat. Spa biasanya adalah sebuah pemandian air panas atau mineral (1 november 2011, wikipedia.org).
SPA atau Solus Per Aqua, yang berarti perawatan secara tradisional menggunakan media air.
SPA adalah suatu upaya kesehatan tradisional dengan pendekatan holistik, berupa perawatan menyeluruh menggunakan kombinasi keterampilan hidroterapi, pijat, aromaterapi, dan di tambahkan pelayanan makanan, minuman sehat serta olah aktivitas fisik (Permenkes 1205/X/2004 spa).
2.      Pengertian bayi
Bayi merupakan manusia yang baru lahir sampai umur 12 bulan, namun tidak ada batasan yang pasti. Menurut psikologi, bayi adalah periode perkembangan yang merentang dari kelahiran hingga 18 atau 24 bulan. Masa bayi adalah masa yang sangat bergantung pada orang dewasa. Banyak kegiatan psikologis yang terjadi hanya sebagai permulaan seperti bahasa, pemikiran simbolis, koordinasi sensorimotor, dan belajar sosial (1 november 2011, wikipedia.org).
3.      Pengertian baby spa
Melihat bayi tercinta tampak segar, sehat, dan bersemangat adalah dambaan bagi semua orang tua. Selain untuk kaum dewasa dan anak – anak, spa juga dapat di lakukan untuk bayi.
Baby spa adalah suatu upaya kesehatan tradisional dengan pendekatan holistik, berupa perawatan menyeluruh menggunakan kombinasi keterampilan hidroterapi, pijat, aromaterapi, dan di tambahkan pelayanan makanan, minuman sehat serta olah aktivitas fisik yang di tujukan kepada bayi sampai umur 12 bulan.
B.     KETENTUAN BABY SPA
Spa di berikan kepada bayi dimulai dari bayi umur 2 bulan smp 1,5 tahun. Sebelum tratment dianjurkan bayinya kenyang dahulu paling tidak 30 menit sebelumnya. Jika bayi lapar, maka akan susah di massage dan tingkat kerewelannya pun menjadi tinggi. Akan lebih baik dilakukan setelah bayi minum susu. Selain itu, baby spa juga jangan di lakukan pada jam-jam tidurnya, kalau tidak ingin mengganggu kenyamanan buah hati Anda. Apalagi jika sampai bangun tidurnya di paksa.
C.    MANFAAT BABY SPA
Manfaat bagi bayi :
a.       Alat ini bisa digunakan untuk bayi yang baru lahir sampai usia 24 bulan.
b.      Mengembangkan keterampilan motorik fisik, keseimbangan, koordinasi tangan dan kaki.
c.       Stimulasi mental, sirkulasi darah untuk pertumbuhan otak dan meningkatakn IQ
d.      Membangun sistem saraf, mengurangi stress, membantu agar anak tidur dengan teratur.
e.       Kesehatan pernafasan, meningkatakan asupan oksigen, mengambangkan paru2.
f.       Meregangkan otot, meluruskan struktur tubuh dan persendian setelah lahir.
g.      Aerobik, memperkuat jantung, menambah nafsu makan.
h.      Terapi untuk bayi prematur dan bayi dengan ikut serta ( bayi kuning )
i.        Kenyamanan lingkungan bagi bayi yang tinggal 7-9 bulan di dalam air, di atas tanah.
Manfaat bagi orang tua :
a.       Nyaman = bayi spa di rumah anda sendiri.
b.      Bersih = Kolam renang bayi pribadi.
c.       Aman = Mengontrol suhu air dan lingkungan sendiri
d.      Fleksibel = menjadwal sendiri kapan untuk bayi belajar berenang.
e.       Praktis = Disimpan ketika tidak digunakan.
f.       Menyenangkan = Banyak warna warna lembut untuk merangsang bayi tanpa mengganggu mata mereka.
g.      Lengkap = Semua yang anda butuhkan untuk memulai bayi anda berenang.
h.      Quality = Produk yang dibuat sesuai dengan Standar Keselamatan dan Mendapatkan Sertifikasi dari berbagai negara.
i.        Mengembangkan kepercayaan dan hubungan dengan bayi anda.

D.    KEGIATAN DALAM BABY SPA
Baby SPA, meliputi:
a.      baby massage Massage memakai minyak oil aroma buah-buahan sehingga aman bagi kulit buah hati tercinta. Berikan pijatan yang lembut tapi tegas pada bayi Anda, dengan baby oil atau minyak lembut lainnya. Sediakan ruangan yang nyaman, hangat dan dengan pencahayaan yang redup. Bayi sangat menikmati pemijatan pada kaki mereka, dada, wajah dan punggung.
Tradisi Dadah telah dikenal lama di masyarakat Jawa. Sejak dilahirkan, bayi diberi pijatan lembut yang bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah. Selain itu, pijatan pada bayi memberikan rasa nyaman karena adanya sentuhan dan kontak emosi antara ibu dan bayi. Pijatan pada bayi juga membantunya menjalani fase pertumbuhan dengan benar. Dampak positif lainnya adalah daya tahan tubuh bayi lebih baik
b.      baby swimming (berenang) tentunya dengan fasilitas air hangat dan keamanan. Sehingga jangan khawatir, karena Anda dapat langsung mengawasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar